ARABIC KEYBOARD CONVERTER/ KONVERTER KEYBOARD HURUF ARAB




Aplikasi Konverter Keyboard Arab, saya tidak peduli apakah penamaan aplikasi ini tepat atau tidak. Inti dari pembuatan aplikasi ini adalah saya mengalami kesulitan saat mengetik huruf Arab dengan kibor (biar cepet nulisnya dibanding kata keyboard) standar yang biasa saya gunakan. Misalnya, andaikata saya membutuhkan huruf alif, saya harus mengetik huruf h, saya butuh lam -> saya ketik g, dan lainnya. Memaksa saya untuk mencetak dulu tabulasi huruf Arab terhadap huruf Latin, itupun masih memberatkan. Akhirnya.... eng-ing-eng ... saya punya gagasan membuat konversinya. Pertama saya punya gagasan melalui software-nya Microsoft, namun saya harus menginstalkannya secara manual di luar instalasi Windows-nya, yaitu dari Regional Setting (males ah...). Kebetulan saat itu saya baru belajar Java, dengan pertimbangan kelebihan (silahkan cari sendiri menggunakan Google) di antaranya cukup sekali menginstalkan Java Runtime Environment (JRE), kita bisa menggunakan (bukan membuat) aplikasi-aplikasi yang dibuat dengan Java (asumsi JRE terbaru), misalnya bisa menggunakan juga aplikasi Administrasi KependudukanTingkat RW (programernya masih DANIANI, ... hmm... membosankan). Kelebihan lainnya yaitu bisa digunakan di Linux, karena saya menggunakan OS Linux Ubuntu. Dengan keterbatasan pengetahuan mengenai Java, akhirnya terbentuklah aplikasi ini.

Aplikasi ini hanya memindahkan huruf Arab ke huruf Latin yang mendekatinya, misalnya lam -> l, dal -> d, dza -> D, sin -> s, syin -> S, fathah -> a, tanwin fathah -> A, kasrah -> i, tanwin kasrah -> I, dhammah -> u, tanwin dhammah -> U, dst. Mari kita coba....

Langkah awal:

  1. Download danianiArabic dari www.14netbeaner.blogspot.com sebelah kanan atas bagian Reference (downloads);
  2. Download JRE, kemudian instalkan;
    Untuk yang OS-nya 32 bit, download file yang ada huruf x86; Untuk yang 64 bit, yang ada huruf x64.

Langkah penggunaan:

  1. Jalankan danianiArabic.jar;
  2. Simpan kursor di isian putih (JTextField, ... biar kenal ama komponen Java) (di sebelah kanan tulisan ketik di sini/ type here ->);


  3. Ketik huruf yang diinginkan secukupnya (pake dosis... kaleee). Perhatikan besar-kecilnya huruf (Caps), sebab ada pengaruhnya.
    Huruf Arab akan ditampilkan di JTextArea;


  4. Jika tidak tahu huruf konversinya, bisa dicari pada JTable di sebelah kanan, kemudian klik baris/cell hurufnya pada tabel tsb;
  5. Untuk mengubah jenis huruf/ font tinggal memilihnya pada JComboBox, begitu juga untuk ukurannya;
  6. Jika dianggap sudah selesai (jangan dulu pulang...), klik JButton COPY; Untuk membersihkan area huruf Arab klik tombol CLEAR;
  7. Buka aplikasi lain (misalnya Ms. Word, Ms. Excel, OpenOffice Writer, Notepad, dsb), dan paste-kan (ctrl-v) di sana. (horeee.... bisa euuy).

Menambahkan/ menyisipkan/ menghapus huruf
Terus terang nih, ... agak ribet. Tapi kalo udah sering mah... biasa aja tuh, saya kan sering pake... bagus banget nih program (huuuuuu.... muji sendiri... turuuuuun !!).

  1. Klik area huruf Arab, maka akan tampil huruf Arab yang lain (misalnya yang tampil huruf lam) di bawah area huruf Arab, dekat lokasi e-Mail;


  2. Silahkan tekan tuts kibor panah kiri - kanan - atas - bawah, untuk melihat perubahan huruf Arab yang di bawah tsb;
  3. Setelah tampil huruf yang diinginkan (misalnya huruf lam), pindahkan kursor ke JTextField lagi;
    Untuk pengetikan huruf Arab, posisi kursor harus selalu pada JTextField;
  4. Huruf Arab yang tampil (huruf lam) akan terhapus jika kita menekan tuts BACKSPACE pada kibor;
  5. Jika menambahkan huruf lain, maka huruf lain tsb akan ditambahkan setelah huruf yang tampil di bawah (setelah huruf lam tadi);

Memindahkan huruf/ kalimat Arab dari aplikasi lain untuk diedit
Selama hurufnya bisa diedit dan didukung jenis hurufnya, langkah berikut mungkin bisa dilakukan:

  1. Copy huruf/ kalimat Arab dari aplikasi lain;
  2. Paste (ctrl-v) pada JTextArea;
  3. Lakukan perubahan seperti langkah di atas.

Semoga bermanfaat.

Saya mohon do'a dari para Pembaca, semoga Alloh SWT memberi kesempatan pada saya untuk bisa menyelesaikan aplikasi terjemahan Juz 'Amma per kata yang akan saya sebarkan secara gratis/ free, via blog seperti ini. Aamiin.


Postingan Populer